Mengenal Geotagging, Manfaat Serta Bahayanya

Contoh photo bendungan Busung Biu yang bergeotagging
Informasi | Pendidikan | Apa sih Geotagging itu? Biasanya kita mengenal istilah itu pada device-device mutakhir zaman sekarang. Geotagging di aplikasikan pada kamera-kamera digital maupun perangkat kamera ponsel terbaru.
Geotagging adalah proses menambahkan identifikasi geografis metadata untuk berbagai media seperti photo, video, website, atau RSS feed dan merupakan bentuk metadata geospasial. Data ini biasanya terdiri dari garis lintang dan bujur, meskipun mereka juga dapat mencakup ketinggian, bantalan, jarak, akurasi data, dan nama tempat.

Manfaat Geotagging

Geotagging dapat membantu pengguna menemukan berbagai macam informasi lokasi-spesifik. Misalnya, seseorang dapat menemukan gambar-gambar yang diambil di dekat lokasi tertentu dengan memasukkan koordinat lintang dan bujur ke mesin photo geotagging-enabled pencarian. Geotagging-diaktifkan layanan informasi juga dapat berpotensi digunakan untuk mencari berita berbasis lokasi, situs web, atau sumber lain. Geotagging dapat memberitahu pengguna lokasi isi gambar yang diberikan atau media lain atau sudut pandang. Dan sebaliknya pada beberapa platform media menunjukkan media yang relevan dengan lokasi tertentu.

Secara umum, proses ini telah disebut geocoding (mis. photo Geocode), sebuah istilah yang lebih sering merujuk kepada proses mengambil non-koordinat geografis berdasarkan pengidentifikasi, seperti alamat jalan, dan menemukan koordinat geografis yang terkait (atau sebaliknya untuk reverse geocoding), atau penggunaan kamera yang memasukkan koordinat ketika membuat gambar, misalnya menggunakan built dalam penerima GPS.
Dewasa ini sudah banyak kamera maupun ponsel yang sudah dilengkapi GPS yang bisa menambahkan informasi lokasi kedalam metadata photo atau biasa disebut dengan data exif. Sehingga photo tersebut  lokasinya bisa dilihat didalam peta Googlemap.
Namun bagaimana bila kita ingin melihat lokasi hasil jepretan kamera biasa yang tidak dilengkapi dengan GPS atau menggunakan GPS yang terpisah?  Hal ini bisa dilakukan asalkan kita mempunyai data koordinat lokasi photo tersebut walaupun tidak include dalam metadata atau data exif.
Kita bisa melakukan geotaging secara manual menggunakan bantuan software tertentu. Cara termudah untuk mencocokkan foto tersebut  ke lokasi spesifik adalah dengan menggunakan Google Maps dalam Picasa. Namun  juga dapat menggunakan fitur geotag asli dalam Picasa, dengan bantuan Google Earth.
Untuk keperluan ini kita harus memiliki Google Earth dan Picasa yang diinstal pada komputer. Bila belum terinstal bisa di download Google Earth di http://earth.google.com/ dan Picasa  di http://picasa.google.com/


Bahayanya Geotagging

Contoh photo admin yang bergeotagging
Hati hati memposting photo anda di media sosial atau situs storage gratis. Di smartphone memiliki fitur geotag atau data photo diambil akan disimpan dalam photo. Photo dapat menunjukan di mana keberadaan anda, dan bisa dimanfaatkan orang orang yang tidak berkepentingan. Bukan photo pribadi saja, misalnya keluarga sering mengabadikan photo anak-anak lalu diupload ke media sosial atau sampai menyebutkan nama yang ada di photo. Bisa memancing kejahatan. Seperti photo-photo yang menampilkan banyak barang bagus dan mahal dapat memancing penjahat untuk mengambil barang. 



Photo yang diupload ke Facebook atau media sosial dan file photo share lain akan tetap membawa data lokasi dimana photo diambil. Dan bisa dibaca oleh orang lain, bahkan sangat detil dimana letak photo diabadikan. Dan orang lain dapat melihat di browser computer.

Bila ragu apakah photo yang pernah diupload masih membawa Geotag, di setting media sosial bisa dimatikan untuk info photo tersebut.



Geotag dapat di nonaktifkan, beberapa setting mematikan Geotag dibawah ini :



# Disable Geotag iPhone (4.0):



1. Go to Settings.

2. Select General.

3. Select Location Services.

4. Locate Camera from the list of apps that use Location Services and change the setting to OFF.



# Disable Geotag Android (2.2; 2.3):



1. Open the Camera app.

2. Select the Location icon.

3. Select Off.



Beberapa versi aplikasi smartphone memiliki opsi untuk dimatikan Geotag



# Disable Geotag BlackBerry (6.0):



1. Open Camera.

2. Select the Location icon and set it to Disabled.



# Disable Geotag iPhone (4.0):



1. Go to Settings.

2. Select General.

3. Select Location Services.

4. Change the setting for Location Services to OFF.



# Disable Geotag Android (2.2; 2.3):



1. Open Settings.

2. Select Location & security.

3. Uncheck both Use wireless networks and Use GPS satellites.



# Disable Geotag BlackBerry (6.0):



1. Open Options.

2. Select Device.

3. Select Location Settings.

4. Go to Location Services and change the setting to Location Off.

5. Press the Menu key on the phone.

6. Select Save.



Contoh gambar kiri untuk mematikan setting GeoTag di Android, dan kanan gambar untuk mematikan setting Geotag dari camera smartphone.




Demikian yang dapat admin sampaikan pada kesempatan yang baik ini tentang geotagging, manfaat serta bahayanya. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa menambah pengetahuan bagi sahabat Gede Sitdown Blog semua. Namun saya mohon maaf bila ada kekurangan dalam penyajian kali ini, karena sebagai manusia biasa saya tidak luput dari kekurangan dan kealfaan. Atau jika dari sahabat pembaca ada yang mau menambahkan tentang geotagging, silahkan tambahkan di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih atas kunjungannya.



3 comments:

Ketentuan berkomentar :

~ Dilarang menggunakan kata-kata yang mengandung unsur SARA

~ Tidak diperkenankan memakai kata-kata yang tidak sopan

~ Komentar harus sesuai dengan Topik

Bagi yang berkomentar jika tidak sesuai dengan ketentuan di atas dengan sangat terpaksa komentarnya akan dihapus oleh admin!

Terima kasih

FOLLOW THIS BLOG

Daftar Blog Bacaan Saya

Translate this site

Ikuti Jejak Gede Sitdown Blog

investama